Menyajikan Informasi Ummat

Pesantren Sebagai Agen Perubahan

10/09/2011 19:49

TGH Shafwan HakimLombok Utara, Yamtia- Pondok Pesantren (ponpes) selain sebagai lembaga pendidikan keagamaan, juga sekaligus agen perubahan umat dan masyarakat.

Demikian dikatakan ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantern (FKSPP) provinsi Nusa Tenggara Barat, TGH. Safwan Hakim,  pada acara kuliah umum Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Hamzar Lombok Utara (11/8/11)  di MI Maraqitta’limat Anyar kecamatan Bayan.

Karena pesantren sebagai agen perubahan umat maka harus memiliki lima pilar atau lima rukun pesantren yaitu, adanya pimpinan (tuan guru) sebagai panutan dan sentral figur di masyarakat, ada masjid, asrama tempat tinggal santri dan pengkajian kitab-kitab kuning.

“Ke lima pilar inilah harus dimiliki oleh  setiap ponpes jika mau melakukan perubahan ditingkat masyarakat”, jelas TGH. Safwan Hakim.

Selain itu, pesantren juga harus memiliki visi dan misi yang jelas dan tidak kotor atau kumuh. “Bagaimana mau menjadi agen pembaharuan, kalau tidak memiliki visi dan lokasi atau tempatnya yang kotor”, imbuhnya.

Menyoroti jumlah Ponpes yang tergabung dalam FKSPP yang didirikan tahun 2005 lalu, di NTB berjumlah 629 buah. Sementara yang sudah  dikunjungi oleh pengurus FKSPP untuk bersilaturrahmi  sekitar 450 buah.

Sedangkan jumlah masjid di NTB sekitar 4684 buah  dan 5944 buah mushalla. Namun, belum ada satu masjidpun di Pulau Lombok yang sudah melahirkan ulama atau Doktor,

“Masjid kita memang cukup banyak, namun jama’ah yang memakmurkan masjid itu yang kurang, bahkan dibeberapa masjid kadang-kadang lebih banyak tiang masjid daripada umat Islam yang datang memakmurkan masjidnya setiap waktu.

Sementara Prof. DR. Mahyuni, MA, PhD dalam kuliah umum yang disampaikan didepan ratusan mahasiswa-mahasiswi STKIP Hamzar lebih banyak memaparkan pentingnya pendidikan dan menuntul ilmu. Karena dengan ilmu bisa merubah diri, keluarga dan lingkungannya.(Ari)

Search site

Contact

Buletin Ta'limat Kompleks PP Maraqitta'limat Mamben Lauk, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur, NTB +966.0563654304

New list

Penerimaan Mahasiswa Baru

STKIP Hamzar Lombok Utara menerima mahasiswa baru Tahun Akademik 2011/2012, dengan Program S-1 PGSD dan PGPAUD. Tempat Pendaftaran: Pagi - Sore : Adlan Mamnun (Pimpinan Cabang Yayasan Maraqitta'limat Kecamatan Bayan) Lendang Mamben Desa Anyar, hp. 081 907 520 004 Setiap saat: Studio Primadona...

Iklan

Hadir di tengah-tengah anda TOKO CAHAYA..Toko Cahaya yang betempat di samping Rutan Selong menyediakan berbgai kebutuhan sehari-hari. Harga dijamin terjangkau.
Terima Kasih Anda Telah Mengunjungi Kami